Tuesday 24 December 2013

Si Unik Honda Vezel.

Segmen Compact SUV pasar global kembali di ramaikan dengan hadirnya produk baru diri Honda,produk baru honda itu diberi nama Vezel. Honda Vezel sendiri akan diluncurkan ke pasar Eropa dan Amerika setelah Jepang.

Honda Vezel mengambil arti nama dari Bezel dan Vehicle, Bezel sendiri memiliki arti bagian dari potongan permata  dan huruf "V" dari kata Vehicle atau kendaraan. Penamaan ini mewakili hasrat Honda untuk memproduksi kendaraan yang mirip permata yang sudah di potong dimana dapat berubah sesuai dari sudut mana dipandang.

Vezel menggunakan platform Honda Fit atau yang dikenal di indonesia sebagai Jazz, ini menggabungkan konsep SUV, MPV dan Coupe sekaligus sehingga menimbulkan keyakinan tersendiri dari pabrikan Honda bahwa Vezel merupakan kendaraan terbaik di kelasnya.

lebih lanjut mari kita lihat keindahan "potongan permata" Honda ini :

Eksterior
Melihat tampilan depan Vezel tentunya kita akan teringat pada Honda Civic dikarenakan penggunaan lampu depan yang menyipit dipadu dengan bemper depan yang melengkung digabungkan dengan grille besar khas Honda. 
Berpindah kebagian belakang, Honda Vezel tak luput dari kesan elegan dengan dengan penempatan yang tepat antara bodi dan kaca belakang.

Interior



Memasuki kabin mobil Anda akan di suguhi oleh desain yang elegan pula, anda tidak perlu lagi memutar kunci kontak untuk menghidupkan mesin cukup dengan menekan tombol start-stop engine pada bagian belakang kemudi seketika mesin akan menyala.

Ketika mengemudi dan ingin mendengarkan musik anda tidak perlu menggapai head unit yang ada di tengah dashboard tapi cukup dengan mengaturnya dari lingkar kemudi.

Pada bagian dashboard terdapat layar sentuh, menariknya dasboard vezel dengan tombol-tombol ringkas sehingga menimbulkan kesan futuristik.

Multi Information Display (MID) sudah tersedia untuk honda Vezel versi Hybrid yang menginformasikan kinerja motor listrik dan mesin bensin, Anda juga dapat melihat kinerja teknologi Atkinson Cycle pada Vezel Hybrid menyuplai tenaga ke ban.

Konsol tengah Honda Vezel menggunakan tuas perseneling yang belum pernah digunakan oleh mobil - mobil menengah Honda lainnya sehingga terlihat unik.

Ada fitur unik lainnya yang tersemat pada Honda Vezel yaitu tombol rem tangan, tidak usah bingung mencari tuas rem tangan karena Vezel menggantinya dengan tombol rem tangan yang terletak di konsol tengah. cukup tekan tombil maka rem utama pun akan "mengikat" ban.

Mesin
Dengan mesin 1500 cc, Honda Vezel berniat menyaingi Nissan Juke, tersedia mesin Hybrid dan mesin Bensin yang di jual di Jepang.

Untuk varian hybrid, Honda Vezel menggunakan mesin Sport Hybrid i-DCD (Intelligent Dual Clutch Drive) berkapasitas 1.5 liter berinjeksi seperti All New Honda Fit Hybrid generasi terbaru. Berkat sistem hybrid ini, konsumsi BBM nya mencapai 27 km per liter dengan tenaga yang dihasilkan mencapai 152 daya kuda yang setara dengan mesin berkapasitas 2.000 cc.

Sedangkan untuk varian mesin bensin, Honda Vezel menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter i-VTEC. Kedua varian mesin Honda Vezel ini akan memberikan kenyamanan dalam berkendara yang dinamis, serta efisiensi konsumsi bahan bakar yang baik sehingga dapat menghasilkan konsumsi BBM untuk model bensin 20,6 km/liter.

Fitur Keamanan

Honda pun sudah membekali Vezel dengan fitur keamanan modern. Mulai dari body yang mengadopsi sistem Advanced Compatibility Engineering™ (ACE) dan perlindungan untuk pejalan kaki/Pedestrian Injury Mitigation Body dimana Sistem perlindungan pejalan kakinya akan menyerap dampak tabrakan. .

G-Force Control Technology (G-CON) juga meningkatkan keamanan pengendara dan membuat mobil tidak agresif pada mobil lain dalam tabrakan.

Selain itu ada juga fitur City-Brake Active System yang membuat mobil langsung berhenti mendadak untuk mencegah tabrakan saat melaju. Sistem keamanan lainnya side curtain airbag system dan front seat i-side airbag.

Tertarik memboyongnya menjadi salah satu penghuni garasi anda? Tentunya Anda masih harus bersabar untuk memiliki si Adik Honda CRV ini setelah konsumen Jepang, Eropa dan Amerika. 

Sumber  : detikoto

5 comments:

  1. nice info.. tapi saya lebih prefer New Yaris saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali pada kebutuhan Bro Gustar Landonovsky, Kalau mau yang mungil compact dan rasa sedan tentunya New Yaris pilihan yang tepat. Terimakasih udah mau mampir dan komen.

      Delete
  2. Compact SUV apa Juke Copy nih bro? Bentuknya mirip bgt Juke. Apalagi ini kan baru di pasar Jepang, biasanya kan pasti down spek tuh kalo sampe disini. Infonya bagus bro cuma mobilnya aja yang kurang bagus hehehe. Mending yang murahan dikit tapi performa mantab kaya Rush. Kalo mahalan dikit sih harrier deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang untuk kelas compact SUV seperti Vezel ini cuma ada Juke, Bro Freeman TD juga bisa lihat Vezel dan Juke menganut desain yang sama pada pintu belakang yang tersamar sehingga seperti dua pintu atau coupe. Hehehe betul betul Bro biasanya mobil yang masuk Indonesia mengalami down Spec disesuaikan dengan kondisi indonesia baik secara teknis maupun pertimbangan pasar. Pembandingnya mungkin ga bisa pear to pear dengan Rush dan Harrier karena kelasnya berbeda, kembali lagi soalan pilihan adalah selera dan kebutuhan. Terimakasih udah mampir ya Bro ditunggu untuk komentar yang lainnya ...

      Delete
  3. CHR kayanya bntr lagi muncul
    honda toyota lumayan lengkapline up nya
    IMHO
    crossover murah BRV, medium HRV
    si toyota ya rush dan calon CHR kayanya
    klw utk main di area juke

    ReplyDelete